Cara Sharing Data Ubuntu

1. pastikan untuk mengecek Lan Card yang terpasang di komputer dan memerlukan 2 komputer untuk sharing data.
2. kita memerlukan jenis kabel UTP dan konektor RJ-45 yang menggunakan jenis sambungan crossover.
3. kita perlu menyetting IP addres pada komputer 1 dan komputer 2.
(klik system >> preference >> klik network connections >> lalu pilih auto eth0 >> klik edit >> klik IPv4 settings >> pada method, pilih manual >> ketik IP addres dan netmask nya >> klik apply >> lalu isikan passwordnya >> oke)
4. restart network dengan cara klik applications >> accesories >> terminal >> lalu ketikkan “/etc/init/.d/networking restart”
5. mengecek IP yang akan digunakan pada komputer ber OS Linux (klik applications >> accesoris >> Terminal, lalu mengetik ifconfig, maka akan muncul IP nya)
6. mengecek koneksi dengan cara meng-ping IP pada komputer sendiri/ komputer 2 dan komputer 1.
Sharing data di Linux Ubuntu menggunakan SAMBA
Pastikan Samba sudah terinstall. Cara menginstall samba dengan masuk ke applications >> ubuntu software center >> get software >> search samba lalu ketik get install >> dan install samba nya.
8. masuk ke Terminal, ketikan sudo nautilus kemudian ketikkan pasword komputer nya dan masuk ke root >> file browser >> lalu pilih file system >> etc >> samba>> setelah itu klik smb.config >> klik kanan file smb.config >> properties >> permission >> lalu edit acces yang tadi nya read only di rubah menjadi read and write >> lalu close.
9. Restart Samba di Terminal dg mengetik “/etc/init.d/samba restart”
10. Langkah selanjutnya setalah disave, untuk mengecek apakah sudah berhasil atau tidaknya dishare cek pada Samba, untuk membuka Samba klik System >> Administrations >> Samba.
jika terdapat nama folder dan keterangannya, maka tandanya Folder sukses tersharing.
Selamat Mencoba! :D

Posting Komentar